Korupsi dikategorikan sebagai extraordinary crime, satu kategori dengan terorisme dan kejahatan narkoba. KPK yang memiliki fungsi pencegahan korupsi, bekerjasama dengan BPS menyelenggarakan Survei Penilaian Integritas. Survei ini memotret integritas sebuah lembaga pemerintah melalui tiga sumber; pegawai di lembaga tersebut (internal), publik yang pernah berhubungan atau mengakses layanan lembaga tersebut (eksternal), dan dari kalangan ahli (eksper). Semakin rendah nilai SPI, menunjukkan semakin tinggi risiko korupsi pada K/L/PD tersebut (jaga.id, 2022).

 

Pada hari Rabu, tanggal 14 Desember 2022, KPK RI melaksanakan peluncuran hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022 yang diselenggarakan secara hybrid yaitu di Gedung Juang Merah Putih KPK RI dan akun youtube KPK RI. Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan bahwa KPK mencoba membedah sebab-sebab tindak pidana korupsi, salah satu penyebab tindak pidana korupsi adalah minimnya atau rendahnya integritas, oleh karena itu integritas menjadi penting.

 

 

 

 

Berdasarkan penilaian SPI Tahun 2022, Kabupaten Tasikmalaya memperoleh nilai 68,29, menduduki peringkat ke 17 dari 28 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Hal ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa dibanding penilaian SPI Tahun 2021, dimana Kabupaten Tasikmalaya hanya memperoleh nilai 45,22 dan menduduki peringkat terakhir di Provinsi Jawa Barat. Kenaikan ini menunjukkan bahwa pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berkomitmen untuk melakukan perbaikan dalam pencegahan tindak pidana korupsi melalui peningkatan integritas dan akuntabilitas seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

 

 

Pada tanggal 14 Juli 2020 bertempat di Aula Wirawangsa Insektorat Kabupaten Tasikmalaya dilaksanakan Rapat Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan. Rapat ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) secara langsung dengan pihak BPK RI Perwakilan Jawa Barat. Dari pihak Inspektorat Daerah dihadiri oleh Sekretaris Inspektorat Daerah dan didampingi oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan.

PENGUATAN PERAN ASN DALAM PERCEPATAN PENANGANAN CORONA VIRUS 2019 (COVID-19) DI KECAMATAN SINGAPARNA, Pendopo Baru 7 Agustus 2020

 

Rapat Koordinasi Saber Pungli Kabupaten Tasikmalaya

Written by Super Admin Read 262 times Published in Berita

Pada tanggal 19 Juni 2020 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Saber Pungli Kabupaten Tasikmalaya, bertempat di Inspektorat Daerah Kabupaten Tasikmalaya. Acara ini  tidak hanya  dihadiri dari Inspektorat Daerah Kabupaten Tasikmalaya tapi juga dihadiri oleh perwakilan dari Kepolisan dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya.

Rapat Koordinasi Teknis dengan BPKP

Written by Super Admin Read 279 times Published in Berita

Pada Tanggal 28 Juli 2020 dilaksanakan  Rapat Koordinasi Teknis dengan tema Pengawasan Intern atas Akuntabilitas Penyenlenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

CAPAIAN MCP KORSUPGAH KPK KABUPATEN TASIKMALAYA

Written by Super Admin Read 864 times Published in Berita

Capaian Monitoring Center for Prevention Korsupgah Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan hasil Monitoring oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Pada Tanggal  2 Oktober 2019 diperoleh Nilai sebesar 57%. Nilai ini diperoleh dari akumulasi 8 area intervensi